Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Daftar Gunung Dengan Ketinggian 2000 Mdpl, Pendakian Bakal Menantang!

Mendaki gunung bukan perkara mudah, medan yang menanjak dan jarak tempuh panjang membuat pendaki harus siap kondisi fisik dan mental yang baik. Ada daftar gunung dengan ketinggian 2000 mdpl lebih yang bisa digunakan untuk mendaki, khususnya yang baru memulai. 

Gunung dengan ketinggian 2000 mdpl lebih biasanya memiliki jarak tempuh ke puncak yang lebih pendek. Jalur pendakian yang dimiliki juga tidak terlalu curam, ini tentunya akan memudahkan pendaki untuk sampai ke puncak. Berikut ini adalah daftar gunung dengan puncak sekitar 2000 mdl lebih. 

1. Gunung Sibayak

Gunung dengan ketinggian 2094 mdpl ini ada di Karo, Sumatera Utara, Sibayak cocok untuk pendaki yang baru pertama kali mendaki. Lokasi gunung ini ada di kawasan Dataran Tinggi Karo, Sumut.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang dihasilkan dari puncaknya tidak main-main. 

Jalur pendakian yang ada di Gunung Sibayak cukup mudah dilalui, terdapat jalur setapak yang akan membantu pendaki sampai ke puncak.

Jalan setapak tersebut dari batu yang sudah tersusun rapi, usahakan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk menghindari selip atau tergelincir. 


2. Gunung Panderman

Gunung untuk pemula dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl adalah Gunung Panderman yang terletak di Batu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2945 mdpl, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Jika ingin mendaki secara santai bersama dengan teman, Anda bisa mendaki gunung yang satu ini. 

Jalur menuju puncaknya juga cukup landai, tidak terlalu curam dan mudah untuk dilalui. Pendaki yang sudah berpengalaman tentu tahu jika mendaki Gunung Panderman serasa berjalan di jalan setapak biasa.

Pemandangan di Gunung Panderman juga indah, Anda bisa melihat Kota Batu dari atas. 


3. Gunung Andong

Berikutnya adalah Gunung Andong yang terletak di Jawa Tengah, Magelang. Gunung ini tidak jauh dari kota Jogja, membuat banyak anak muda sering menggunakan Gunung Andong untuk muncak di akhir pekan.

Untuk yang baru pertama kali mendaki, Gunung Andong menyediakan papan petunjuk dan jalur yang mudah untuk dilalui.

Anda tidak perlu takut tersesat, hanya dalam waktu 2 jam Anda bisa sampai ke puncak dan menikmati pemandangan dari atas. Keunikan dari Gunung Andong adalah puncaknya yang mirip dengan punuk unta.

Anda bisa menguji adrenalin dan berjalan di jalan sempit diapit jurang yang ada di puncaknya. 


4. Gunung Batur

Gunung Batur yang terletak di Bali ini memiliki ketinggian sedang, untuk ukuran gunung pendakian, Gunung Batur tidak terlalu tinggi. Meski begitu, pendaki pemula tidak perlu ragu mendaki di gunung ini karena jalurnya yang ramah pendaki baru.

Untuk mencapai puncaknya, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam. 

Gunung di Indonesia ini terkenal karena pemandangannya yang indah. Namun ingat, meski lebih mudah, namun butuh fisik dan mental yang kuat untuk sampai ke puncaknya. Di Gunung Batur, Anda akan menemukan padang rumput yang luas dan kaldera

 Anda juga bisa melakukan stargazing jika sampai di puncaknya pada malam hari.

Masih banyak gunung lain dengan ketinggian 2000 mdpl lebih yang bisa Anda daki, baik di Pulau Jawa atau pulau lainnya.

Meskipun ketinggian gunung-gunung diatas sedang, pastikan tetap mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola pendakian. 

Informasi mengenai daftar gunung dengan ketinggian 2000 mdpl lebih semoga bisa menambah daftar gunung yang bisa Anda daki. Tidak ada salahnya meluangkan waktu di akhir pekan menghirup udara sedar di pegunungan.


Posting Komentar untuk "Inilah 4 Daftar Gunung Dengan Ketinggian 2000 Mdpl, Pendakian Bakal Menantang!"