Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Destinasi Muncak Di Sumatera, Sensasinya Luar Biasa!

Sumatera menyimpan banyak gunung indah yang bisa didaki, ada banyak destinasi muncak di Sumatera dengan pemandangan yang indah. Selain memacu adrenalin, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam secara langsung dengan datang ke gunung.

Di Sumatera, ada beberapa gunung favorit yang sering dijadikan sebagai destinasi muncak. Jika Anda masih bingung untuk muncak ke gunung mana, rekomendasi berikut ini semoga bisa membantu Anda. 

1. Gunung Pusuk Buhit

Gunug ini merupakan gunung dengan area persawahan dan bukit barisan, terkenal karena Anda bisa melihat bentangan Danau Toba ketika ada di puncaknya.

Gunung ini memiliki rute yang rumit, jika Anda pertama kali muncak ke gunung ini, disarankan membawa teman atau pemandu jalan. 

Gunung Pusuk Buhit memiliki spot melihat matahari terbit yang sayang untuk dilewatkan. Banyak pendaki yang datang menjelang pagi hanya untuk melihat matahari terbit keesokan harinya. 

2. Gunung Sipiso – Piso

Gunung di Sumatera berikutnya yang bisa menjadi destinasi muncak adalah Gunung Sipiso – Piso. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.990 mdpl, membuatnya menjadi gunung yang cocok didaki oleh mereka yang baru mulai muncak. Trek naiknya juga tidak terlalu curam, sehingga mudah untuk dilewati.

Nama lain dari Gunung Sipiso – Piso adalah Gunung Gundul, sebab pepohonan hanya bisa tumbuh di bagian puncaknya saja.

Jika tidak ingin mendaki, Anda bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai ke puncak. Namun kondisi sepeda motor harus dalam keadaan baik dan prima. 

3. Gunung Pangulubao

Spot muncak lain yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Pangulubao. Gunung ini terkenal karena mudah untuk diakses dan treknya ringan, sehingga tidak menyulitkan pendaki pemula.

Untuk mendaki gunung ini, Anda bisa memulai jalur pendakian dari Kota Parapat sebagai pintu masuk gunung. 

Gunung ini juga sering disebut sebagai bukit manja, karena trek dan ketinggiannya yang kurang menentang bagi sebagian besar pendaki.

Setelah mengunjungi Gunung Pangulubao, Anda bisa mengunjungi Taman Eden 100, salah satu area konservasi yang dikelola oleh pemerintah regional. 

4. Gunung Lubuk Raya 

Jika mencari bukit di Sumatera yang bisa didaki, Anda bisa muncak di Gunung Lubuk Raya. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.618 mdpl, membuatnya lebih ramah didaki oleh pendaki pemula. Dulunya Gunung Lubuk Raya merupakan gunung yang aktif, namun sekarang sudah tidak lagi mengeluarkan lahar. 

Meskipun tidak terlalu tinggi, jalur pendakian dan treknya tidak seringan kelihatannya. Anda akan menemui hutan yang lebat, begitu pula dengan jalan yang masih sering ditemui rotan berduri.

Untuk mencapai puncak, Anda hanya butuh 3 jam jika berangkat dari Desa Lembah Lubuk Raya. 

5. Gunung Sibutan

Untuk yang suka dengan ketinggian, tidak ada salahnya muncak di Gunung Sibutan. Ketinggian gunung ini adalah 2.457 mdpl, membuatnya menjadi gunung favorit pendaki di wilayah Sumatera Utara. Jika ingin mencapai puncak, Anda butuh waktu sekitar 7 sampai 9 jam. 

Gunung Sibutan termasuk gunung tertinggi di Sumatera Utara yang bisa Anda daki. Treknya memang cukup sulit, apalagi jika Anda baru pertama kali muncak.

Jalan menuju puncak masih sering ditemui pohon dna rerumputan liar, membuat Anda harus berhati hati. 

Ada banyak bukan destinasi muncak di Sumatera yang bisa Anda kunjungi. Masing masing gunung memiliki keunikannya sendiri yang membuatnya menarik untuk didaki. Ingat untuk mematuhi berbagai aturan terkait dengan pendakian, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan merusak pepohonan atau fasilitas di jalur pendakian. 


Posting Komentar untuk "5 Destinasi Muncak Di Sumatera, Sensasinya Luar Biasa!"