Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Oleh Oleh Khas Pekalongan, Patut Dibawa Pulang!

Oleh – oleh khas Pekalongan yang mungkin pertama kali terlintas dalam benak Anda adalah batik. Padahal Pekalongan memiliki oleh oleh lain yang sayang jika tidak dijadikan sebagai buah tangan. 

Jika Anda sedang berkunjung ke Pekalongan dan kesulitan memilih oleh oleh yang tepat, berikut adalah rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan.

Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan kesan yang ingin diberikan pada penerima. 

Rekomendasi oleh oleh khas Pekalongan

1. Capret Pekalongan

Capret merupakan kerupuk yang terbuat dari tepung kanji dengan bumbu khusus. Jika anda penggemar camilan, capret menjadi camilan yang direkomendasiakan karena teksturnya yang ringan dan mempunyai banyak varian rasa. 

Harga capret yang terjangkau juga membuatnya tepat menjadi buah tangan untuk keluarga dan kolega. Kerupuk ini juga tahan lama, sehingga bisa disimpan untuk dinikmati nanti.


2. Kerupuk Gendar

Pasar Tradisional Pekalongan menjadi destinasi wisata favorit di Pekalongan. Tidak hanya menjual kebutuhan sehari hari ataupun batik Pekalongan sebagai buah tangan, di pasar ini Anda juga bisa menemukan berbagai oleh oleh, mulai dari camilan hingga aksesoris lokal. 

Salah satu camilan yang bisa Anda temukan di Pasar Tradisional Pekalongan adalah kerupuk gendar. Camilan ini praktis dibawa untuk oleh oleh keluarga, apalagi kerupuk ini juga bisa dimakan sebagai pendamping nasi. Gendar yang digunakan untuk membuat kerupuk dibuat dari nasi yang sudah diberi bumbu.


3. Binteng Jahe

Binteng jahe adalah makanan khas Pekalongan, terbuat dari kelapa, gula dan jahe. Binteng jahe tergolong makanan ringan cita rasanya khas dengan kombinasi rasa pedas dan manis. Karena menggunakan jahe, camilan ini bisa membuat tenggorokkan menjadi lebih hangat. 

 

4. Kue Lumpang

Kue lumping termasuk dalam jenis kue basah yang termasuk dalam makanan khas Pekalongan. Kue ini terbuat dari santan yang diberi taburan parutan kelapa di atasnya. 

Kue ini berbentuk seperti mangkok dan bisa ditemui di pasar – pasar tradisional Pekalongan. Kue lumping terkenal karena rasanya yang manis, legit dan gurih serta bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. 


5. Apem Kesasi 

Apem kesasi atau sering disebut apem comal oleh masyarakat setempat ini memiliki rasa yang unik. Rasanya legit karena terbuat dari gula aren. Rasa yang ditawarkan ape mini berbeda dari apem kebanyakan, cocok digunakan untuk oleh oleh.


6. Limun Oriental

Beralih ke minuman, limun oriental merupakan minuman khas Pekalongan yang sayang jika tidak Anda cicipi. Limun oriental sudah dipasarkan sejak 1923 dan sampai sekarang cita rasanya masih sama. 

Pendiri dan pencipta minuman ini adalah Njoo Giek Lien. Proses pembuatannya yang tradisional membuat cita rasanya tidak berubah sampai sekarang. sekarang limun oriental hadir dengan varian rasa baru dan kemasan yang lebih praktis.


7. Kopi Tjanting

Kopi Tjanting merupakan brand kopi local yang menjadi kebangggan masyarakat Pekalongan. Jika anda adalah penggemar kopi, oleh – oleh yang satu ini cocok untuk dibawa pulang. Biji kopi yang digunakan langsung dipanen dari daerah Jolotigo, penghasil kopi terbaik di Pekalongan sejak zaman colonial.

Oleh – oleh Khas Pekalongan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah, dari pasar tradisional hingga toko sentra oleh oleh. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga tidak menguras kantong Anda. Ternyata selain batik, Pekalongan memiliki berbagai makanan dan minuman khas yang cocok di bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, kerabat maupun tetangga.


Posting Komentar untuk "Ini 7 Oleh Oleh Khas Pekalongan, Patut Dibawa Pulang!"