Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Daftar 5 Gunung Dengan Ketinggian 3000 MDPL, Jadi Pengen Kesana!

Dalam artikel ini dijelaskan mengenai daftar gunung dengan ketinggian 3000 MDPL lebih yang Indonesia, dan tentunya dapat didaki (semua gunung bisa didaki, setidaknya dipikiran pendaki demikian hehe), lalu apa saja gunungnya? Silahkan simak artikel ini sampai tuntas, karena akan dijelaskan semuanya.

Gunung dengan ketinggian 3000 MDPL lebih menjadi incaran banyak pendaki. Ada banyak alasan seseorang naik gunung dengan ketinggian 3000 mdpl lebih.

Biasanya karena trek yang lebih menantang, pemandangan yang lebih indah dan hawa pegunungan yang lebih sejuk serta bersih.

Anda berencana naik gunung dalam waktu dekat dan mencari gunung dengan ketinggian 3000 mdpl? Berikut adalah rekomendasi gunung yang bisa Anda pertimbangkan. 

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru menjadi gunung dengan ketinggian 3676 MDPL, gunung ini juga menjadi gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Semeru adalah gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Secara administratif, Semeru masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Provinsi Jawa Timur. Hal yang membuat gunung ini menarik adalah keindahan alamnya, apalagi di kawasan Ranu Kumbolo.

Untuk naik Semeru, Anda butuh fisik dan mental yang kuat agar bisa mendaki sampai ke puncak. 

2. Gunung Kerinci

Kerinci merupakan gunung kedua tertinggi di Indonesia yang terletak di Provinsi Jambi. Gunung ini masih aktif sampai sekarang, namun tidak menutup minat pendaki untuk naik dan menikmati keindahan alam di puncaknya. 

Ketinggian gunung ini adalah 3805 MDPL, untuk naik ke puncaknya tentu membutuhkan perjuangan yang berat. Anda yang tertarik untuk mendaki gunung di Sumatera ini bisa naik lewat Desa Kersik Tuo, yang sudah masuk ke ketinggian 1.400 mdpl. 

3. Gunung Slamet

Kembali ke Pulau Jawa, Anda yang mencari gunung dengan ketinggian diatas 3000 mdpl bisa mencoba naik Gunung Slamet. Gunung ini berada di ketinggian 3428 MDPL, membuatnya menjadi gunung favorit yang didaki oleh anak muda.

Secara administratif, gunung ini masuk di lima kabupaten, yakni Banyumas, Tegal, Brebes, Pemalang dan Purbalingga. 

Sampai sekarang Gunung Slamet merupakan gunung yang masih aktif. Jika Anda mendaki sampai puncak, Anda bisa melihat kawah dengan asap yang membumbung. Ingat untuk mematuhi berbagai peraturan jika naik Gunung Slamet demi keselamatan. 

4. Gunung Arjuno

Arjuno terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kota Malang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3339 MDPL dan menjadi yang banyak didaki di Jawa Timur. Tersedia empat jalur yang bisa Anda lalui untuk sampai puncak, yakni Jalur Lawang, Tretes, Batu dan Jalur Purwosari. 

Gunung di Jawa ini juga terkenal karena objek wisata air terjun yang bernama Kakek Bodo. Jika Anda mendaki gunung ini, Anda juga bisa menemukan mata air Sungai Brantas, yang menjadi sungai terpanjang kedua di Jawa. 

5. Gunung Rinjani

Gunung diatas 3000 MDPL lain yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Rinjani, yang terletak di Lombok, NTB. Gunung ini masih aktif dan memiliki ketinggian sekitar 3726 MDPL.

Objek yang paling terkenal yang paling terkenal di Rinjani adalah kawah yang berwarna biru. Kawah tersebut berada di ketinggian 6 ribu kaki diatas permukaan laut. 

Jika Anda tertarik untuk naik gunung ini, Anda akan diarahkan untuk naik dari arah Senaru. Senaru merupakan jalur yang paling mudah untuk didaki dan paling aman untuk akifitas pendakian.

Karena masih menjadi gunung aktif, pastikan mematuhi aturan yang ada disana.

Demikian artikel mengenai daftar gunung dengan ketinggian 3000 MDPL lebih ini, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan tambahan wawasan pastinya. Memilih lokasi naik gunung tentu harus dipersiapkan dengan matang. Gunung yang tinggi tentu membutuhkan persiapan mental dan fisik yang jauh lebih prima. 


Posting Komentar untuk "Ini Daftar 5 Gunung Dengan Ketinggian 3000 MDPL, Jadi Pengen Kesana!"