Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Destinasi Bukit di Jawa Tengah, Cakep Banget Buat Ngecamp!

Di akhir tahun seperti sekarang, sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang untuk menghabiskan pergantian tahun dengan berwisata. Banyak tempat yang menawarkan momen terbaik untuk menemani Anda menikmati pergantian tahun. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi adalah destinasi bukit di Jawa Tengah. 

Provinsi Jawa Tengah memang memiliki banyak objek wisata. Semua lengkap, mulai dari pantai, gunung, hinga modernitas perkotaan. Objek wisata baru sering pula bermunculan menawarkan pemandangan baru.

Salah tempat wisata tahun baru di jawa tengah bagi wisatawan adalah mengunjungi bukit. Ya, destinasi bukit masih menjadi tujuan favorit. Udara yang dingin ditambah dengan suasana dan pemandangan yang indah membuat kesan romantic. Apalagi jika pergi Bersama orang tercinta.

Bagi Anda yang hendak menghabiskan waktu akhir tahun Anda dengan mengunjungi destinasi bukit, 5 rekomendasi berikut bisa menjadi pilihan Anda ketika mengunjungi Jawa tengah.

1. Gunung Merbabu

Wisata alam di Jawa tengah yang pertama adalah Gunung Merbabu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.140 meter di atas permukaan laut (mdpl). Titik tertinggi dari gunung ini dinamakan Puncak Kenteng Songo. 

Yang menarik dari Gunung Merbabu adalah jalur alam pendakiannya. Jika dibandingkan dengan gunung favorit pendakian lainnya, Gunung Merbabi memiliki jalur pendakian yang lebih aman. 

Ketika mendaki, Anda akan disuguhi pemandangan dua gunung kembar, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain jalurnya yang cenderung aman dan tidak ekstrim, terdapat beberapa hewan liar yang akan menemani Anda mendaki. Tertarik untuk mengunjunginya?


2. Dieng 

Siapa yang tidak kenal Dataran Tinggi Dieng? Keindahan alamnya sudah terbukti mampu memikat banyak wisatawan pecinta pendakian yang mengunjungi objek wisata ini.

Objek wisata yang berada di antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini menawarkan keindahan alam yang sangat memanjakan mata.

Beberapa di antaranya adalah Telaga Warna. Tempat ini menawarkan keindahan telaga yang warna airnya berubah-ubah karena aktivitas vulkanik.

Selain itu, terdapat juga kompleks candi Dieng. Objek wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga di akhir tahun. 


3. Bukit Pangonan

Tidak jauh dari Dataran Tinggi Dieng, terdapat objek wisata jawa tengah terbaru 2022 lainnya, yaitu Bukit Pangonan. Bukit ini terletak di Banyumas, Jawa tengah. Bukit ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan Dieng.

Sejatinya Bukit Pangonan adalah sebuah cekungan bekas dari sebuah danau yang sudah mongering akibat aktivitas alam. Cekungan itu ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan. Keindahan alami sangat layak diabadikan dengan kamera. 


4. Puncak Argopuro Lasem

Destinasi berikutnya adalah Puncak Argopuro Lasem yang terletak di Rembang, Jawa Tengah. Bukit ini adalah sebuah bukit pendakian yang cukup ramai dikunjungi. Bukit ini tidak terlalu tinggi.

Puncak tertingginya hanya mencapai 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meskipun begitu, banyak wisatawan yang mengunjungi dan menjadikan arena treking pendakian. 

Meskipun puncaknya tidak terlalu tinggi, namun Anda harus mempersiapkan seluruh stamina dan energi dengan baik.

Pasalnya arna trekking yang ada cukup panjang. Pemandangan indah akan menyambut Anda selama pendakian. Tentunya rasa Lelah akan terbayarkan dengan suasana indah tersebut.


5. Lembah Sindoro Posong

Objek wisata Lembah Sindoro Posong ini berdekatan dengan Gunung Merbabu. Objek wisata ini terletak di daerah Temanggung, Jawa tengah. Sesuai Namanya, lembah ini juga dekat dengan Gunung kembar, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 

Suasana alam yang masih sangat asri, ditambah dengan sejuknya udara membuat objek wisata ini sangat layak untuk Anda kunjungi sebagai wisata akhir tahun. 

Itulah rekomendasi destinasi bukit di Jawa tengah. Selain kelima destinasi di atas, masih banyak destinasi bukit lainnya yang bisa Anda kunjungi. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya dengan baik agar liburan Anda berjalan lancer. 


Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Destinasi Bukit di Jawa Tengah, Cakep Banget Buat Ngecamp!"