Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Holbung Samosir, Spot Selfie Yang Keren


Apa lagi yang seru dari Sumatera Utara? Ibukota Medan ini memiliki keragaman suku, budaya dan kekayaan alam yang sudah sangat terkenal di negara Indonesia. Keindahan alamnya yang mempesona dan menakjubkan membuatnya menjadi adalah satu tujuan wisata favorit bagi sebagian besar masyarakat. Tak heran jika banyak wisatawan luar yang rela datang dari jauh demi menikmati keindahan alam yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini.

Satu dari sekian banyak tempat wisata yang terkenal di Sumatera Utara asalah Danau Toba. Begitu mendengar nama danau ini yang muncul di ingatan orang-orang yang pernah berkunjung ke tempat ini adalah keindahan panorama alamnya. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi sekitar 75000 tahun yang lalu memiliki banyak rahasia alam yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah Bukit Holbung Samosir. Bukit ini terletak di Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Banyak orang termasuk masyarakat lokal yang menyebutnya dengan Bukit Cinta karena bentuk bukitnya yang menyerupai bentuk hati dan tersambung dengan jalan utama menuju Desa Janji Martahan dan berada di sisi timur Danau Toba.

Untuk menuju Bukit Holbung wisatawan dapat melalui 2 rute, yang pertama rute Medan – Pematang Siantar – Parapat dan kemudian menyeberang ke Samosir menggunakan kapal feri. Yang kedua adalah rute Medan – Berastagi – Kabanjahe – Sidikalang dan menuju Samosir dengan menggunakan jalur darat. Wisatawan dapat memilih rute yang lebih nyaman yaitu rute kedua, dimana jalannya yang sepi dengan udara yang sejuk membuat wisatawan tidak merasa jenuh di sepanjang perjalanan, diiringi hamparan hijau pohon pinus yang memanjakan mata.

Untuk masuk ke lokasi Bukit Holbung wisatawan hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang, kemudian wisatawan bisa puas menikmati seluruh panorama alam yang ada dibukit ini. Terlebih bagi wisatawan yang suka menyendiri dan ingin menenangkan pikiran dari segala persoalan dan rutinitas, tempat ini sangat cocok untuk berlibur karena suasananya yang tenang dan nyaman.

Nama Bukit Holbung menjadi terkenal belakangan ini di kalangan anak muda dan para pendaki karena jalur yang dibuat untuk mencapai bukit adalah dengan melalui trecking atau mendaki ke atas. Perjalanan yang dilalui membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit dengan menapaki tangga alami yang dibuat dari tanah yang dikorek oleh warga setempat. Jalan yang dilalui memang cukup panjang dan berliku akan tetapi Jalur yang dilewati memang terlalu curam dan berat. Trecking yang menanjak semakin membuat seru perjalanan apalagi ditambah dengan pemandangan yang indah dan bukit-bukit yang dipenuhi hamparan hijau rerumputan. Hanya perlu sedikit tenaga ekstra untuk bisa mencapai ke atas dan menikmati pesona alam yang dipersembahkan oleh bukit ini.

Begitu sampai di atas bukit, wisatawan akan terpesona dengan kemegahan alam yang tampak dari atas bukit ini. Pemandangan hamparan perbukitan yang hijau, hempasan angin dan udara yang segar membuat wisatawan terpana saat melihat suguhan alam ini. Wisatawan bahkan bisa melihat Pusuk Buhit yang megah dan Pulau Samosir yang dikelilingi oleh Danau Toba yang biru. Langit yang berwarna biru cerah bagaikan lukisan alam yang sangat indah.

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke Bukit Holbung, wisatawan harus menyiapkan tubuh yang fit karena untuk trecking ke atas bukit membutuhkan stamina yang kuat. Bagi wisatawan yang membawa serta anak-anak harus hati-hati dan jangan sampai ceroboh saat trecking.

Sambil duduk santai diatas bukit, wisatawan juga dapat menikmati angin yang sepoi sambil memandang keindahan alam dari atas sini. Rumah-rumah penduduk desa dan lahan perkebunan milik masyarakat setempat pun tampak indah berjejer dari atas bukit. Dari atasnya wisatawan juga dapat menikmati suguhan indahnya pemandangan sunset dan matahari terbenam. Cahaya yang berwarna hijau keemasan diiringi semilir angin menjadi momen yang sangat ditunggu oleh wisatawan yang datang ke tempat ini. Dan akan sangat indah jika dapat mengabadikan foto dengan latar belakang keindahan alam yang menjadi kesukaan banyak wisatawan.

Untuk wisatawan yang ingin menginap di lokasi dan merasakan suasana alam dan ingin menyatu dengan alam, di Bukit Holbung juga tersedia tempat untuk kamping, yang dinamakan dengan Camping Ground. Wisatawan bebas bermalam dengan tenda pribadi yang dibawa sendiri tanpa biaya apapun. Sedangkan untuk wisatawan yang tidak ingin menginap di lokasi, dapat tanpa biaya apapun. Sedangkan untuk wisatawan yang tidak ingin menginap di lokasi, di sekitar tempat wisata ini juga terdapat banyak hotel yang memiliki kelas berbeda, dan dapat dipilih sesuai selera dan keuangan wisatawan.

Namun untuk datang ke bukit ini wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri, karena tidak adanya restoran, kafe atau rumah makan yang dekat dari lokasi wisata ini. Bagi wisatawan yang datang pun diingatkan untuk tidak membuang dan meninggalkan sampah apapun di bukit ini demi menjaga kelestarian dan keindahan Bukit Holbung Samosir ini.


Posting Komentar untuk "Bukit Holbung Samosir, Spot Selfie Yang Keren "