Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Objek Wisata Air Terjun Sigura Gura


Bicara tentang wisata alam yang dimilikinya, Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai macam keindahan alamiah yang dimiliki Sumatera Utara tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja, tapi sudah sampai ke manca negara. Tak heran jika wisata alam yang dimiliki oleh Sumatera Utara menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat sekitaran tempat objek wisata itu. Tak hanya itu, objek objek wisata nan indah itu menjadi devisa bagi pemasukan negara Indonesia. Pasalnya, keindahan alam itulah yang menjadi turis turis dari berbagai macam negara untuk datang ke Indonesia.

Salah satu objek wisata yang dimiliki Sumatera Utara adalah wisata air. Berbagai macam objek wisata air baik yang terjadi secara alamiah maupun hasil tangan manusia ada di provinsi Sumatera Utara. Sebut saja wisata alam air terjun. Berbagai macam wisata air terjun ada di Sumatera Utara. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Utara adalah dataran tinggi. Keberadaan air air terjun yang ada di Sumatera Utara tak hanya memberikan keindahan dan keeksotisan yang luar biasa, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat Sumatera Utara. Dan diantaranya adalah Air Terjun Sigura Gura. 

Di Sumatera Utara, air terjun ini menjadi salah satu objek wisata alam unggulan, terutama bagi masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Bagaimana tidak? Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Ketinggian air terjun di mencapai 250 meter. Wow, luar biasa. Ketinggian air terjun ini mengalahkan ketinggian ketinggian air terjun yang ada di Indonesia lainnya. Sebut saja Air Terjun Madakaripura yaitu 200 meter dan air terjun Payakumbuh yaitu 150 meter.

Lokasi dari air terjun ini berada di Kabupaten Toba Samosir. Kabupaten Toba Samosir ini tak lain terletak di dataran tinggi di pinggiran Danau Toba. Dataran tinggi ini menjadi bagian dari Bukit Barisan yang ada di Pulau Sumatera. Lokasinya berjarak 250 km dari Provinsi Sumatera Utara, yaitu Kota Medan. Para pengunjung yang ingin bepergian ke objek wisata alam ini dapat mengendarai mobil pribadi atau mobil jurusan Kabupaten Toba Samosir.

Membahas nama Sigura Gura, ada dua hal yang pasti terlintas di benak kebanyakan orang. Yang pertama adalah Sigura Gura adalah air terjun yang mempesona nan indah dengan ketinggian yang dimilikinya. Yang kedua adalah, Sigura Gura adalah tembok raksasa nan kokoh yang berbentuk bendungan. Bendungan inilah yang menjadi beton yang membendung aliran Sungai Asahan dan digunakan sebagai PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air. Pembangunan bendungan ini dimulai pada tahun 1978 dan selesai pada tahun 1981. Awalnya PLTA itu diperuntukkan untuk memberikan pemasukan listrik bagi Pabrik Aluminium (INALUM) Kemudian berubah dan diperuntukkan untuk masyarakat. Dari PLTA inilah pasokan kesediaan listrik disalurkan ke seluruh masyarakat,terkhususnya masyarakat yang ada di Sumatera Utara. Apakah cukup dua hal itu unt di atas, Air Terjun Sigura Gura memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Salah satunya untuk aliran irigasi bagi sawah sawah masyarakat di sekitaran bendungan. Sumber air yang mengalir di seluruh sawah sawah yang ada di sekitaran Sigura Gura berasal dari bendungan ini.

Tak hanya itu, keindahan panorama alam yang dimiliki Air Terjun ini tak bisa dipandang sebelah mata. Pemandangan yang menawan di sekitaran Air Terjun benar menakjubkan. Hal ini karena lokasi air terjun yang tak begitu jauh dengan Danau Toba. Alasan inilah yang menjadikan suasana di sekitaran air terjun mampu membuat hari dan pikiran menjadi nyaman dan damai. Perjalanan menuju ke bawah air terjun benar benar asyik. Kita akan melalui hamparan pohon yang hijau dan juga lereng lereng kecilnya. Dari Kejauhan air terjun tampak seperti aliran air raksasa yang begitu dasyatnya. Dari jauh saja dentuman derasnya air terjun itu sudah terdengar. Tapi ingat untuk selalu waspada saat menuju lokasi air terjun ini karena beberapa bagian jalan yang sedikit terjal dan licin.

Selain itu, aliran aliran air terjun ke sungai sungai di sekitaran bendungan dimanfaatkan untuk olahraga air. Olahraga airnya adalah arum jerang. Disini kita dapat memacu adrenali kita dalam menghapi aliran sungai dari bendungan Sigura Gura. Aliran air yang deras yang kontur sungai yang berbatuan menjadikan kegiatan arum jerang semakin menantang saja. Selain arum jeram, disekitaran tebing kita juga dapat melakukan kegiatan panjat tebing. Tapi bagi kalian yang belum terlatih dalam kegiatan ini, disarankan untuk tidak mencobanya. Hal itu kerena permukaan tebing yang licin dan beresiko bagi pemula. 

Selain itu, kita juga dapat melalukan kegiatan camping atau berkemah disekitaran Air Terjun Sigura Gura ini. Dijamin akan mendapatkan sensasi yang asyik, apalagi berkemah bersama keluarga dan juga teman teman terdekat. Tapi buat para pengujung diharapkan kesadarannya untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian disekitaran lokasi kemah. Mari kita sama sama menjaga keberadaan aset bangsa yang berharga ini agar selalu memberikan banyak manfaat untuk kita dimasa kini dan untuk generasi kita dimasa yang akan datang.


Posting Komentar untuk "Objek Wisata Air Terjun Sigura Gura"